Mengenal 5 Tahapan Tekstur MPASI untuk Bayi Usia 6 hingga 12 Bulan

Mengenal 5 Tahapan Tekstur MPASI untuk Bayi Usia 6 hingga 12 Bulan

Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI) adalah langkah penting dalam perjalanan makan bayi. Sebagai bagian dari pertumbuhan dan perkembangan mereka, memperkenalkan makanan padat dengan tekstur yang tepat sesuai dengan usia bayi sangat penting. MPASI membantu memenuhi kebutuhan nutrisi yang berkembang serta mempersiapkan bayi untuk memasuki dunia makanan yang lebih kompleks di masa depan.

mengapa MPASI itu penting?

  1. Memenuhi Kebutuhan Gizi

Pada usia 6 bulan, ASI atau susu formula saja tidak lagi mencukupi kebutuhan gizi bayi. MPASI diperlukan untuk memberikan tambahan nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi.

  1. Pengenalan Rasa dan Tekstur Makanan

MPASI membantu memperkenalkan bayi pada berbagai rasa dan tekstur makanan. Ini membantu bayi menjadi lebih terbiasa dengan makanan padat dan mempersiapkan mereka untuk diet yang lebih bervariasi di masa depan.

  1. Mendukung Pertumbuhan dan Perkembangan

Makanan padat dalam MPASI memberikan nutrisi tambahan yang mendukung pertumbuhan tulang, otot, dan sistem saraf bayi. Ini penting untuk perkembangan motorik dan kognitif yang optimal.

  1. Pembentukan Kebiasaan Makan Sehat

Memperkenalkan makanan padat pada usia dini membantu membentuk kebiasaan makan yang sehat sepanjang hidup. Bayi yang diperkenalkan pada berbagai jenis makanan cenderung lebih menerima makanan sehat di masa depan.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Makanan padat dalam MPASI membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi. Nutrisi tambahan yang diberikan melalui MPASI dapat membantu bayi melawan infeksi dan penyakit.

Tahapan Tekstur MPASI Bayi Sesuai Usianya

Berikut adalah pengenalan terhadap 5 tahapan tekstur MPASI yang sesuai untuk bayi usia 6 hingga 12 bulan.

  1. Tekstur Halus (6-7 Bulan)

Pada tahap awal, saat bayi berusia antara 6 hingga 7 bulan, tekstur makanan yang sangat halus diperkenalkan. Ini termasuk bubur saring atau bubur yang halus, yang sering kali masih memiliki konsistensi cair dan mudah untuk dicerna. Pada tahap ini, bayi baru mulai beradaptasi dengan makanan padat dan perlu waktu untuk mengembangkan kemampuan mengunyah.

  1. Tekstur Lembut (8-9 Bulan)

Ketika bayi mencapai usia 8 hingga 9 bulan, mereka biasanya sudah mulai terbiasa dengan makanan padat dan dapat diperkenalkan pada tekstur yang sedikit lebih padat dan kasar. Tekstur lembut seperti bubur yang lebih kental atau makanan yang dihaluskan dengan blender tetapi masih memiliki sedikit gumpalan diperkenalkan. Ini membantu melatih otot-otot mulut bayi dan memperkenalkan mereka pada makanan dengan tekstur yang lebih beragam.

  1. Tekstur Sedang (10-11 Bulan)

Di usia 10 hingga 11 bulan, bayi sudah mulai mengembangkan kemampuan mengunyah dan menelan dengan lebih baik. Pada tahap ini, mereka siap untuk diperkenalkan pada tekstur makanan yang sedang, seperti potongan makanan yang dihaluskan atau diremas dan memiliki sedikit gumpalan. Ini membantu memperkuat otot-otot rahang dan lidah serta meningkatkan koordinasi gerakan saat makan.

  1. Tekstur Padat (12 Bulan)

Ketika bayi mencapai usia 12 bulan, mereka umumnya sudah siap untuk makanan dengan tekstur padat dan berbentuk potongan kecil. Pada tahap ini, mereka dapat diperkenalkan pada potongan makanan yang lebih besar dan lunak, seperti potongan buah-buahan atau sayuran yang dihaluskan, potongan roti yang dipejalankan, atau pasta yang sangat lembut. Hal ini membantu meningkatkan kemandirian bayi dalam makan dan memperkenalkan mereka pada makanan yang lebih mirip dengan makanan orang dewasa.

  1. Tekstur Beragam (Setelah 12 Bulan)

Setelah melewati tahapan-tahapan sebelumnya, bayi sudah siap untuk mengeksplorasi berbagai tekstur makanan. Mereka dapat diperkenalkan pada makanan dengan tekstur yang lebih beragam, termasuk makanan dengan gumpalan, potongan yang lebih besar, atau makanan dengan konsistensi yang lebih kering. Ini membantu memperkaya pengalaman makan bayi dan mendukung perkembangan keterampilan makan mereka.

Memahami tahapan tekstur MPASI yang sesuai untuk bayi usia 6 hingga 12 bulan sangat penting untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan mereka. Dengan memperkenalkan makanan dengan tekstur yang tepat pada setiap tahap perkembangan, orangtua dapat membantu bayi mengembangkan keterampilan makan yang penting dan membangun hubungan yang positif dengan makanan. Selalu perhatikan respon bayi dan konsultasikan dengan dokter anak atau ahli gizi jika Anda memiliki pertanyaan atau kekhawatiran tentang pengenalan makanan padat kepada bayi Anda.